Kamis, 31 Januari 2019

Pengertian & Asal usul Dasa Darma Pramuka

Pramuka yaitu salah satu organisasi non formal yang bisa Anda dapatkan ketika Anda berada pada masa pengajaran. Bahkan pramuka di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas, menjadi salah satu ekstrakurikuler yang sepatutnya diikuti oleh siswanya. Anda juga bisa menemukan banyak orang yang mencontoh aktivitas pramuka malah sesudah lulus dari tempat duduk pengajaran hal yang demikian. Nah, untuk Anda yang mencontoh pramuka, tentu Anda tak asing bukan dengan Dasa Darma Pramuka? 

6652328283788828268.jpg

Sekiranya dipandang dari segi bahasa, dasa darma mengandung kata dasa dan darma. Dasa memiliki arti “sepuluh”, meski kata drama mempunyai arti “mulia dan terpuji”. Jadi, secara bahasa dasa darma di artikan sebagai sepuluh perbuatan mulia atau terpuji yang diwujudkan sebagai tanda bagi para anggota pramuka alam menjalankan perbuatan sehari-hari. 

Berdasarkan Anda, siapa yang menjadikan gagasan dasa darma? Ya, dasa darma sendiri diwujudkan bersama-sama oleh beberapa orang dengan sebagian gagasan yang dibuat satu. Dasa darma pramuka yang Anda ketahui saat ini rupanya telah mengalami perbuahan 4 kali. Ikhtisar dasa darma yang pertama berlaku dari tahun 1961 sampai 1966. Simpulan dasa darma yang kedua berlaku tahun 1966 hingga 1974. Kesimpulan dasa darma yang ketiga beraku tanggal 25 September 1978 hingga 26 September 1978. Nah, inti Dasa Darma Pramuka sari dasa darma yang keempat berlaku dari tahun 1978 sampai sekarang. 

Dasa darma diharapkan menjadi sebuah pertanda bagi para anggota pramuka dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dasa darma mengajarkan ketaqwaan terhadap Kuasa, sayang kepada alam dan sesama manusia, memiliki rasa sopan, tunduk, dapat berembuk, sabar, suka menolong. Selain itu, Anda juga akan dilatih untuk bertanggung jawab, berani, rajin, hemat, disiplin, serta bisa menjaga perkataan dan perbuatan.

6652328289279477696.jpg

Lewat dasa darma pramuka, karenanya menjadi salah satu sistem untuk menanamkan karakter adab bagi para pemuda bangsa. Seperti yang Anda tahu, Indonesia menjadi negara yang diketahui mempunyai rakyat yang ramah dan suka tenteram. Dasa darma sendiri dapat dihasilkan sebagai pertahanan moral untuk menghadapi ancaman kebiasaan asing dari luar. 

referensi:
http://www.ngedukasi.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_Pramuka_Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar