Senin, 07 Januari 2019

Ideal Hidup Sehat Menggagalkan Hipertensi

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh elemen keturunan yakni penyakit hipertensi. Penyakit ini terjadi saat penderita mengalami tekanan darah yang terlalu tinggi di atas normal. Tekanan darah normal berkisar 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Seandainya situasi tekanan darah Anda melebihi seperti 130/80 mmHg atau malahan lebih tinggi maka Anda perlu waspada. Keadaan ini dapat seketika memperlihatkan gejalanya dan juga bisa saja terjadi tanpa gejala.

6643627372301280908.jpg

Untuk menjaga tubuh supaya terhindar dari serangan penyakit tekanan darah tinggi tekanan darah tinggi maka perlu melakukan beberapa pola hidup sehat. Pola hidup sehat terdiri dari tradisi berolahraga dan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, serta meninggalkan kultur buruk seperti mengisap rokok. Meskipun penyakit ini adalah salah satu penyakit keturunan yang dibawa oleh gen, melainkan bila Anda bisa menjaga pola hidup dengan bagus, karenanya penyakit ini dapat dihindari.

Olahraga ialah kebutuhan untuk tiap orang. Orang yang rajin berolahraga karenanya hidupnya akan lebih sehat. Lakukan olahraga secara teratur setidaknya satu minggu sekali, akan lebih bagus kalau Anda dapat menambahnya menjadi tiga kali dalam seminggu. Seandainya Anda tidak sempat berolahraga, maka lakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berjalan pesat, lakukan peregangan dikala berprofesi. Untuk Anda yang bekerja kantoran di depan komputer dalam durasi yang lama, maka jangan lupa untuk melakukan peregangan sebentar agar tubuh menjadi tidak kaku.

Penyakit hipertensi juga disebabkan sebab pola makan yang tak sehat. Sebagian makanan seperti daging kambing, makanan yang banyak mengandung garam, dan makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan penyakit ini. Bila Anda memiliki riwayat tekanan darah yang cukup tinggi, karenanya kontrollah dalam mengonsumsi macam makanan tersebut. Selain makanan, minuman yang mesti dipegang konsumsinya adalah kopi dan minuman yang menandung alkohol. 

6643627387625273746.png

Merokok juga dapat menyebabkan penyakit ini sebagaimana tertera dalam bungkusnya. Oleh sebab itu, bagi Anda perokok aktif maka cobalah untuk mengurangi kebiasaan mengisap rokok Anda, lebih lagi kalau Anda tak mengisap rokok, maka penyakit tekanan darah tinggi bisa dihindari.

referensi:
https://alosehat.com/hipertensi-penyakit-tekanan-darah-tinggi
https://id.wikipedia.org/wiki/Hipertensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar