Rabu, 09 Januari 2019

Geopolitik serta Geostrategi Pada Rangkaian Ketahanan Nasional

Pembelajaran mengenai geopolitik dan geostrategi dalam kurikulum 2013 terdapat di materi kelas 3 tingkat SMA. Pembahasan ini biasanya terangkum pada materi pembelajaran Ppkn yang basisnya mengenai serangkaian peraturan nasional atau kebijaksanaan yang dihasilkan oleh pemerintah. Lalu https://www.yoadit.com/ apa arti dari kedua kata hal yang demikian? Silahkan simak penjelasan berikut.

Geopolitik sendiri mempunyai makna sebuah sistem politik atau beberapa undang-undang yang berbentuk kebijaksanaan serta strategi dalam aspirasi geografik nasional yang nantinya kalau kebijakan atau strategi hal yang demikian berhasil, karenanya akan berimbas lantas kepada cara politik Negara itu sendiri.

6644060942746197914.jpg

Sedangkan geostrategi sendiri merupakan sebuah perumusan strategi politik yang berdasar pada keadaan serta konstelasi geografik yang ada di Negara tersebut. Tak cuma itu, geostrategi ini juga memandang kondisi sosial, penduduk, budaya, sumber kekuatan alam, lingkungan regional dan internasional. 

Keduanya betul-betul penting untuk menyusun suatu negara yang umumnya memiliki kawasan Negara yang luas. Selain ini didorong oleh wawasan nusantara serta ketahanan nasional yang ada di Indonesia. Indonesia sendiri terdiri dari beribu-ribu pulau oleh sebab itu pentingnya geopolitik dan geostrategi ini dapat mendukung sebuah ketahanan nasional dari sebuah pemahaman geografi.

Dalam sebuah negara kepulauan ketahanan nasional amat penting untuk mempertahankan kemerdekaan suatu negara. Ketahanan nasional sendiri merupakan usaha untuk mencegah atau melawan sebuah tantangan, hambatan, ancaman, serta gangguan secara lantas maupun tak lantas, serta dari dalam maupun dari luar negeri. 

Asas ketahanan nasional sendiri tercantum dalam undang-undang yang isinya yakni sebuah prinsip dalam ketahanan nasional yang berdasar poin-nilai Pancasila, UUD 1945, serta wawasan Nusantara. Sifat ketahanan nasional sendiri ada 4, adalah Mandiri, wibawa, dinamis, serta konsultasi atau kerja sama. Keempatnya penting sekali dalam mengerjakan sebuah ketahanan nasional di negeri ini.

Geopolitik dan geostrategi bisa dijalankan kalau negara tersebut bisa mengontrol prinsip nilai dalam Pancasila, UUD 1945, serta wawasan nusantara. Kalau itu, ketahanan nasional juga sangat berhubungan dengan keduanya. negara hal yang demikian sukses untuk melaksanakan geopolitik maupun geostrategi karenanya negara tersebut akan menjadi negara yang makmur.

referensi:
https://www.yoadit.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Geopolitik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar