Kamis, 27 Desember 2018

UMR Jogja bagi Karyawan Perusahaan

Bagi yang ingin berprofesi sebagai out sourcing di tempat Yogyakarta karenanya perlu untuk mengenal UMR Jogja yang berlaku. Perlu dikenal bahwa UMR ini diberlakukan untuk 5 kota atau Kabupaten yang berada di tempat provinsi Yogyakarta. Dari list UMR UMP UMK yang telah dipublikasikan dapat diperhatikan bahwa jumlah tertinggi di kota Jogja adalah cuma kisaran 1,7 jutaan. Sementara untuk poin terendah adalah kisaran 1,4 jutaan.

Poin ini belum cakap menyejahterakan masyarakat yang berprofesi sebagai outsourcing. Untuk itu bagi yang mau bekerja di tempat Jogyakarta karenanya perlu mengetahui UMR tempat ini terutama dulu. UMR ini merupakan patokan yang diaplikasikan bagi pihak perusahaan guna menetapkan upah yang kemudian dibayarkan untuk karyawan yang berprofesi di perusahaannya.

Pada dasarnya besar kecilnya Bayaran Minimum Kabupaten atau kota hanyalah berlaku untuk pekerja yang memiliki masa kerja belum komplit 1 tahun. Sehingga bagi karyawan yang telah mempunyai masa kerja lebih dari 1 tahun karenanya cara UMR Jogja ini tak lagi digunakan. Dengan demikian karenanya mereka dapat mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan upah yang lebih tinggi.

Dikala mengetahui kenaikan dari upah minimum di kota ini karenanya karyawan yang lelah bekerja 1 tahun lebih bisa memprediksi kenaikan gaji yang didapatkannya. Dan ketika perusahaan telah memberikan bayaran lebih tinggi dari UMR maka tidak boleh menurunkan atau mengurangi upah yang telah diatur tersebut. Untuk itu karenanya UMR ini wajib diamati dengan baik apalagi banyak sekali orang yang beratensi untuk bekerja di perusahaan yang ada di Jogja.

image
Untuk perusahaan yang tak melaksanakan UMR ini karenanya bisa mengajukan penangguhan untuk progres bayaran minimum ke pemerintah provinsi setempat. Untuk penangguhan itu dapat diajukan terhadap Kepala Dinas Kekuatan dan Transmigrasi Yogyakarta yang didasarkan dengan aturan perundang-undangan. Perlu dikenal bahwa aturan gubernur yang berlaku pada 1 Januari 2018 terkait besarnya poin UMR Jogja konsisten diperlakukan sampai sekarang. Sementara ketika menjelang akhir tahun karenanya tata tertib tersebut dapat diganti dengan yang baru.

referensi:
https://www.upahminimum.info/berikut-besaran-nilai-ump-yogyakarta-2018.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Upah_minimum_provinsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar