Kamis, 20 Desember 2018

Tahu Hakikat serta Macam Sholawat Nabi

Sholawat Nabi, yakni salah satu isu terhangat yang tengah digemari si kecil muda. Dianggap sebagai satu aktivitas yang positif membuat kegiatan ini kian banyak dilakoni oleh anak muda yang ada di Indonesia. Malahan dalam aktivitas ini banyak anak muda yang kemudian terinspirasi untuk menjalankan perbuatan bagus. 

6637005551386472046.jpg

Hakikatnya adalah Kita memanjatkan doa untuk Baginda Rasul Nabi Muhammad SAW. Yang mana ini berarti Kita mengirimkan doa supaya Nabi Muhammad SAW diberi keselamatan, kebarokahan dan kemuliaan oleh Allah SWT. Dan sesudah itu diharapkan Kita mendapatkan hikmah dari keutamaan menjalankannya. Diantaranya yaitu mendapatkan syafaat dari Nabi dikala di akhirat nanti. 

Sebagian Variasi http://sholawat.org Sholawat Nabi Yang Seharusnya Anda Ketahui

Banyak muslim yang mengerjakan sholawat Nabi dengan pelbagai macam keinginan tersendiri. Ada yang menginginkan memperoleh limpahan memberi manfaat dan rahmat dari Allah SWT, dihapuskan 5dosanya hingga mendapatkan pertolongan dari Nabi Muhammad SAW saat di akhirat nanti. Lalu apa saja jenis atau macamnya yang harus Kita ketahui?

•Dari Allah

Variasi yang pertama yakni variasi solawat yang dijalankan oleh Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW. Menurut Ibnu Katsir, ini memiliki arti atau makna berupa pemberian Rahmat dan kemuliaan. Ada pula yang mengistilahkan bahwa Allah sedang menambah kemuliaan Nabi Muhammad SAW dengan memujinya di depan para malaikat. 

•Dari malaikat

Kemudian macam solawat yang kedua adalah dari malaikat. Maknanya yaitu dimana para malaikat bersolawat untuk memohonkan ampunan Allah SWT bagi Nabi Muhammad SAW. Ternyata meski Nabi Muhammad SAW telah dijamin masuk surga tetapi tetap saja para malaikat memohonkan ampunan khusus bagi Rasulullah. 

•Dari umat manusia

Kemudian yang selanjutnya adalah variasi solawat yang dilakukan dari umat manusia. Kita merupakan umat Nabi Muhammad SAW yang terakhir. Maka telah tentu Kita patut bersolawat pada Nabi SAW Untuk memohonkan Rahmat dan hidayah-Nya untuk Nabi Muhammad SAW. Dengan harapan kemudian Allah SWT akan melimpahkan Nabi Muhammad SAW berkah dan rahmatnya sehingga kemudian Kita turut mendapatkan luberan Rahmat dan berkahnya sehingga mendapatkan kwalitas hidup yang lebih bagus. Demikian ulasan singkat seputar hakikat dan ragam sholawat Nabi.

referensi:
http://sholawat.org
https://id.wikipedia.org/wiki/Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar