Kamis, 13 Desember 2018

Perselisihan Sejarah, Mitos serta Istiadat

Sejarah ialah salah satu ragam ilmu pengetahuan yang pasti sudah tidak asing lagi kita dengar istilahnya. Malahan dalam mata pelajaran di sekolah sendiri sudah selalu diajarkan. Tapi sekali-sekali masih banyak orang yang belum memahami apa itu definisi dari pembelajaran history sendiri. Berdasarkan sumber dari ensiklopedia memang diceritakan bahwa istilah ini dialamatkan untuk mengacu pada suatu ilmu yang membahas perihal asal muasal dan semua bentuk kejadian di masa lampai yang dianalisa secara mendalam, via alur penelitian yang cocok dengan prosedur. 

Sehingga dengan kata lain bisa diartikan bahwa suatu pembelajaran history haruslah memiliki landasan teoritis uang ideal dan bisa dipertanggungjawabkan. Ilmu ini tidak dapat asal dikarang atau ditulis melainkan semestinya berdasarkan bukti yang riil.

Meskipun istilah lain yang kerap dikaitkan dengan history lainnya merupakan mitos. Yang berasal dari kata myth. Istilah yang satu ini kerap dihubungkan dan dianggap mempunyai arti yang sama dengan istilah history. Tetapi sebetulnya kedua istilah tersebut dimaksudkan atau mengacu pada dua hal yang sama sekali berbeda. Anda perlu berhati-hati dalam memaknai keduanya. 

6634123961501235052.jpg

Karena sekiranya keliru, karenanya makna yang dihasilkan juga akan berseberangan. Untuk istilah myth ini sendiri diistilahkan sebagai suatu istilah yang dimaksudkan pada sebuah momen yang diceritakan secara turun temurun dari leluhur dan dianggap benar keberadaannya. Tapi hakekatnya myth ini belum dapat dijelaskan riilnya secara http://ayomelek.com/ kongkret. Sehingga apa yang dikategorikan dalam myth ini belum dapat dikelompokkan dalam history.


Sehingga Anda perlu hati-hati dalam mengistilahkan mana yang menjadi myth dan mana history. Belum lagi kalau dibandingkan dengan istilah legenda. Istilah yang satu ini lebih merujuk pada asal muasal tentang terjadinya suatu tempat atau wilayah. Semisal ialah Legenda Tangkuban Perahu, atau Legenda Situ Bagendit. 

Biasanya dalam istilah legenda ini Anda akan dihadapkan pada cerita rakyat yang juga dipercaya secara turun temurun oleh suatu masyarakat sebagai asal muasal kisah terjadinya atau terbentuknya suatu wilayah. Lain lagi jikalau Anda berkenaan dengan istilah suatu budaya di suatu kawasan, maka itu masuk dalam golongan budaya. 

referensi:
http://ayomelek.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar