Senin, 17 Desember 2018

Cerita Singkat Demokrasi Di Indonesia

Tiap-tiap bangsa pasti memiliki sejarahnya tersendiri untuk beragam variasi metode yang sedang berjalan pada saat ini seperti yang terjadi di Indonesia. Salah satu hal yang wajib menjadi perhatian kita ialah mengenai sejarah demokrasi Indonesia. Dengan mengetahui sejarah hal yang demikian tentu kita bisa mengetahui perjalanan demokrasi Indonesia sampai ketika ini.

6635850336994145610.jpg

Sejarah mengenai demokrasi ini terbagi menjadi empat periode dan periode pertama ialah pada tahun 1945-1959. Pada jangka waktu tersebut biasa kita kenal dengan Demokrasi Parlementer yang mana demokrasi ini berjalan setelah kemerdekaan. Melainkan seiring berjalannya waktu sistem yang satu ini tak kapabel berjalan baik di Indonesia sebab kita kurang sanggup dalam melaksanakan demokrasi ala barat ini.

Kemudian periode kedua dalam sejarah demokrasi Indonesia terjadi pada tahun 1959-1965 yang kita kenal dengan nama Demokrasi Terpimpin. Pada jangka waktu ini ditandai dengan adanya dominasi kekuasaan dari presiden dan adanya imbas komunis. Puncak dari persoalan periode ini adalah pengangkatan Soekarno menjadi seorang presiden seumur hidup yang menimbulkan beragam variasi problem sehingga demokrasi ini harus usai pada tahun 1965.

Demokrasi jangka waktu ketiga ini berlangsung cukup lama merupakan mulai dari tahun 1965-1998 di bawah kepemimpinan Soeharto dan lebih dikenal dengan sebutan Orde Baru dengan mengaplikasikan Demokrasi Pancasila. Namun dalam cara kerja demokrasi ini sangat disayangkan jauh dari poin-skor Pancasila yang harusnya dipakai dalam demokrasi hal yang demikian. Malah dalam proses demokrasi hal yang demikian poin-skor demokrasi yang harusnya diungkapkan menjadi tak ada dalam pelaksanaannya dan cuma sebagai wujud formalitas saja.

Kemudian pada periode keempat merupakan sesudah era orde baru sampai saat ini atau yang awam Sejarah singkat disebut dengan era reformasi. Pada periode ini masyarakat lebih menuntut adanya cara kerja demokrasi dan juga adanya HAM yang berjalan secara konsekuen sehingga tak merugikan masyarakat lagi seperti pada era orde baru. Jadi itulah sedikit isu mengenai sejarah demokrasi Indonesia secara singkat. Semoga saja demokrasi yang sedang berjalan ketika ini sudah lebih bagus sehingga sama-sama menguntungkan baik bagi pemerintah maupun kita sebagai masyarakat.

referensi:
https://www.portalsejarah.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar