Selasa, 13 November 2018

Kurang lebih Motif Batik Yang Diminati Anak Muda

Batik yaitu salah satu bentuk kebudayaan asli Indonesia. Di tiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas batik yang berbeda-beda. Kebanyakan batik diterapkan sebagai bahan untuk membuat gamis batik. Tetapi ada juga yang diterapkan untuk benda lainnya seperti untuk membikin sepatu, tas dan lainnya. Dari banyaknya ragam batik di Indonesia cuma ada sebagian format atau motif saja yang diminati.

Pertama, ragam batik awan mendung. Batik ini memang terlihat sangatlah simpel, melainkan dengan kesederhanaan hal yang demikian banyak orang yang menyenangi dengan batik motif hal yang demikian. Batik motif ini banyak diterapkan sebagai bahan untuk membikin baju. Mulai dari buah hati muda sampai orang dewasa banyak yang menyenangi dengan motif jenis ini.

6623197630972211640.jpg

Kedua, macam batik motif parang. Ragam batik ini banyak kita temukan di Jawa. Motif ini sederhana seperti motif awan mendung. Cuma saja warna yang dipakai untuk gamis batik macam ini biasanya berwarna cokelat atau hitam. Namun ada juga yang menggunakan warna yang lainnya. Macam batik ini banyak diterapkan untuk membuat bawahan seperti rok, dan lainnya.

6623197637842464976.jpg

Ketiga, motif jagung miji. Variasi motif ini banyak diterapkan sebagai ragam. Motif batik ini banyak memakai titik seperti jagung yang menyusun wujud yang menawan. Motif ini banyak dihasilkan oleh para pembuat batik dari Bojonegoro. Tetapi di sebagian daerah lainnya juga banyak yang memakai variasi batik ini. 

Dan masih banyak lagi variasi batik yang bisa kita miliki dan kenal. Di tiap tempat di Indonesia memiliki motif yang berbeda-beda dan memiliki makna yang berbeda juga. Ini yang membikin menarik banyak orang, lebih-lebih orang yang suka koleksi dengan kultur batik. Sebab banyaknya motif batik di Indonesia, banyak yang menjadikan batik sebagai salah satu ajang untuk beradu tanding.

Harga jual batik untuk tiap-tiap motifnya juga berbeda-beda. Kian bagus motif gamis batik yang ditawarkan kian mahal juga harga yang ditawarkan. Apalagi jika tingkat kerumitan dan cara pembuatan batik yang tidak umum juga akan membikin harga jual batik kian mahal. Batik motif mana yang kalian novika inginkan?

referensi:
https://novikahouse.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar