Selasa, 13 November 2018

Jalan Mulus Menulis Daftar acuan

Saat kita akan menulis karya ilmiah kita diwajibkan untuk menulis footnote atau catatan kaki. Kalau kita memahami pengertian teks prosedur kita juga diwajibkan menuliskan rujukan yang diaplikasikan atau yang awam kita ketahui dengan istilah daftar pustaka. Untuk penulisan daftar pustaka kita tak boleh menulis asal menulis, tetapi ada undang-undang dan metode untuk menulis daftar pustaka.

Untuk menulis daftar pustaka ada sebagian hal yang perlu kita ketahui. Mulai dari nama penulis, judul buku yang dipakai, tahun terbit buku yang kita gunakan, kota penerbit, dan yang terakhir nama penerbit. Untuk penulisan daftar pustaka sendiri tergantung pada suatu instansi atau di mana kita tinggal, karena biasanya cara penulisan mereka berbeda-beda.

Pada biasanya penulisan daftar pustaka memakai pertanda pemisah subjek yang satu dengan yang lain dengan pedoman spot, tetapi ada juga yang menerapkan petunjuk koma. Untuk urutan penulisannya kita bisa mengingatnya dengan istilah NaTaJuKoPen. Na yang berarti nama pengarang, Ta yang berarti tahun terbit, Ju yang berarti judul buku, Ko yang berarti kota penerbit, dan Pen yang berarti penerbit.


Melainkan sebagian instansi juga menggunakan susunan NaJuKoPenTa.https://www.sekolahpendidikan.com/ , Ju untuk judul buku yang diaplikasikan, Ko untuk kota penerbit yang diterapkan, Pen untuk penerbit buku, dan tahun yaitu tahun buku diterbitkan. Penulisan hal yang demikian haruslah urut kita bisa pakai susunan yang pertama dan dapat juga dengan mengaplikasikan susunan kedua.

Tapi kita kembali lagi ke instansi mana yang meminta kita untuk menuliskan karya ilmiah tersebut. Dengan adanya daftar pustaka ini kita akan mengerti di mana kita mengambil acuan yang digunakan ketika menulis karya tulis yang kita tulis. Sehingga dengan adanya daftar pustaka ini menjaga kemurnian karya tulis yang kita buat dan kita tak dikatakan sebagai plagiarisme. Untuk itu penting mengetahui pengertian daftar pustaka dan juga sistem penulisannya.

Cara ini penting mengingat kini ini banyak yang mengopi hasil karya orang lain tanpa mencantumkan penerbit atau identitas pengambilan referensi yang kita gunakan. menulis daftar pustaka sangatlah gampang, karenanya dari itu jangan lupa untuk mencantumkan daftar pustaka di karya tulis kalian.

referensi:
https://www.sekolahpendidikan.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar