Rabu, 24 Oktober 2018

Kekhasan Candi Borobudur Menjadi Pemikat

Candi Borobudur merupakan salah satu warisan sejarah di Indonesia yang kini menjadi salah satu tempat wisata unggulan di kota Jogja. Bukan cuma sebagai destinasi liburan religi saja, melainkan keunikan yang dimiliki oleh candi ini memang menjadi energi tarik tersendiri. Tak heran bila setiap harinya pengunjung candi ini ada banyak terdiri dari pelancong asing dan dalam negeri. 

6615791302694064012.jpg

Candi ini konon pernah terbenam di dalam debu vulkanik hingga kemudian ditemukan kembali oleh para arkeolog. Selain itu fakta bahwa candi ini dibangun dengan metode bunga teratai juga terungkap sebab rupanya candi ini dibangun di atas sebuah danau. 

6615791312031380614.png

Keunikan yang pertama dari candi Borobudur ialah dengan adanya https://garasijogja.com/tempat-wisata-di-jogja-dekat-candi-borobudur/ fakta misteri angka satu yang terdapat di dalamnya. Ditemukan kenyataan bahwa jumlah jenjang tangga ada 10 setiap lantainya yang menonjolkan angka satu bila dijumlahkan. Selain itu jumlah patung yang ada di Arupadatu dan jumlah semua patung di candi menampakkan hasil akhir yakni angka 1. Hal ini menunjukkan satu filosofi tersendiri dimana yang menjadi poros kehidupan hanyalah Maha Maha Tuhan Esa. 

Keunikan yang kedua ialah dimana candi ini menaruh keindahan relief yang paling lengkap di semua dunia. Hal ini memang telah diakui oleh UNESCO sendiri yang mana mengucapkan bahwa relief di candi ini ialah peninggalan relief sejarah terlengkap yang ada di dunia ini. 

Perlu diketahui bahwa candi ini dilengkapi dengan relief sebanyak 2672 buah. Tuhan jikalau Anda memrentangkannya akan menjadi jalanan sepanjang 6 kilometer panjangnya. Dan pemahatan dikerjakan dengan keahlian yang tinggi sehingga bisa membuat candi tanpa membutuhkan perekat atau semen sebagai penyambungnya. Tentunya ini sejarah hebat dalam dunia arsitek karena sampai dikala ini candi bisa berdiri tegak dan kokoh meskipun tanpa memakai bahan bangunan tertentu. Anda berharap membaca relief yang ada di dinding candi karenanya Anda dapat menjalankannya dengan membaca sejajar dengan jarum jam. 

Itulah beberapa keunikan yang dimiliki oleh candi Borobudur yang hingga ketika ini masih menjadi kekuatan tarik tersendiri di kota Jogja. Berkunjung ke kota Jogja akan terasa belum komplit seandainya Anda belum memandang lantas karya seni yang mengandung unsur tradisi, agama dan sejarah ini.

referensi:
https://garasijogja.com/tempat-wisata-di-jogja-dekat-candi-borobudur/
https://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar