Selasa, 27 Februari 2018

Jalan Terjadinya Pertikaian Sampit Kalimantan

Tragedi Sampit merupakan tragedi yang amat tragis yaitu berupa pembantaian manusia yang terjadi di Pulau Borneo, Kalimantan Tengah. Peristiwa kelam ini telah menghilangkan sekitar 600 nyawa bagus dari suku Dayak Kalimantan ataupun bangsa Madura yang juga telah terhitung beserta buah hati-anak. Pada momen ini telah melibatkan 100 ribu lebih bangsa Madura yang kehilangan tempat tinggal serta mata pencaharian mereka. Tragedi ini menjadi paparan Borneo yaitu apa yang disebut sebagai Perang Sampit. Perang Sampit sendiri yakni perang antar dua etnis yang berada di Kalimantan Tengan, merupakan perang antara masyarakat Dayak pribumi dengan salah satu bangsa dari Pulau Madura atau tak jarang diketahui dengan bangsa Madura. Tragedi ini menjadi salah satu tragedi terbesar yang ada di Indonesia dan sempat menjadi pusat perhatian semua masyarakat Indonesia.

6526801032112836838.jpg

Dari kedua belah pihak tersebut memilihi banyak sekali alasan kenapa tragedi Sampit ini sepatutnya meletus. Berdasarkan sumber, asal muasal dari konflik Sampit ini ialah sebab suatu peristiwa yang berupa pembakaran salah satu rumah https://jagoanilmu.net/ dari etnis Dayak yang dikerjakan oleh bangsa Madura sebab kesalahpahaman. Dan berikutnya, etnis Dayak melakukan balas dendam kepada Bangsa Madura dengan sistem yang sama, merupakan membakar rumah-rumah yang berada pada wilayah penempatan Madura di Kalimantan Tengah. Berdasarkan salah satu laporan, menyatakan bahwasanya yang dilaksanakan oleh suku Dayak itu merupakan karena mau mempertahankan diri, sebab ada sumber yang menyatakan bahwasanya bangsa Madura yang memulakan sebab kalah dalam perjudian. Pada permainan perjudian hal yang demikian salah satu etnis Dayak sudah disiksa sebelum kemudian dibunuh oleh bangsa Madura.

Perang ini tak hanya meledak di Sampit, tapi juga merambah ke Bandar-bandar Kalimantan seperti di Sambas. Ada sekitar 100 kepala orang Madura yang terpisah dengan badan sekiranya etnis Dayak melaksanakan perang pemenggalan kepala yang yakni warisan Dayak semenjak dulu. Sebab meletusnya tragedi Sampit ini membikin pemerintah Indonesia turun tangan dan mengerahkan sejumlah ABRI dan juga polisi untuk menuntaskan perang yang terjadi. Setelah sebagian waktu kemudian, alhasil perang hal yang demikian reda dan kembali netral. Tapi bangsa Madura tidak lagi tinggal di daerah Kalimantan, namun berpindah ke wilayah lain di Indonesia.


referensi:
https://jagoanilmu.net/
https://id.wikipedia.org/wiki/Berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar