Rabu, 31 Januari 2018

Mengetahui Kegunaan Dr Mengamalkan Dasar Iman

Bagi umat muslim tentu saja telah tak asing dengan yang namanya rukun iman dan rukun Islam. Dalam ajaran Islam sendiri keimanan atau kepercayaan menjadi pilar penting dalam kehidupan beragama. Tanpa adanya iman yang kuat maka membikin “hati” seseorang menjadi mudah goyah dan ini dapat memunculkan akibat yang negatif. Seperti yang kita seandainya banyak pemeluk agama Islam di masyarakat yang masih kerap kali melakukan perbuatan maupun perilaku yang bertentangan dengan akidah. Sebetulnya dalam lubuk hati mereka sadar bila apa yang mereka lakukan itu bertentangan dengan ajaran agama seperti mencuri, saling menggunjing, mengelabui, mengambil apa yang bukan haknya sampai perbuatan yang berat dari berjudi, berzina, minum-minuman keras dan masih banyak lagi lainnya.



Seketika Rukun Iman mengapa hal-hal hal yang demikian masih saja dilaksanakan baik secara sadar ataupun tak sadar? Jawabannya sebab kadar keimanan mereka yang masih kurang. Kurangnya iman membuat seseorang menjadi jauh dari sang pencipta. Mereka bahkan seakan tidak malu, takut atau menyesali tindakan yang melanggar peraturan dan ajaran agama ini. Dilema ini tentu saja perlu untuk disikapi dengan bijaksana sebab setiap individu pasti pernah mengalami masa-masa di mana keimanan mereka seperti berkurang karena kurangnya ibadah yang dijalankan. Nah untuk itu kami akan mengajak para pembaca yang budiman sekalian untuk mengetahui manfaat jikalau mengamalkan rukun iman dalam bertindak sehari-hari.

Kami yakin para pembaca sudah tahu betul jika antara rukun Islam dan iman ini saling berhubungan satu sama lain. Dengan mengamankan keduanya karenanya kita akan merasa dekat dengan Allah SWT dan juga para rasul-Nya. Kecuali itu kita pun akan merasa takut kalau melanggar undang-undang-Nya dan ini baik sebab seseorang yang merasa takut sebab Allah SWT dari dalam hatinya menunjukkan seandainya keimanan mereka cukup kuat. Dengan begitu jikalau mereka melanggar peraturan agama karenanya dalam bertaubat pun Isya Allah taubat yang dijalankan yaitu taubat nasuha. Jadi bukan hari ini taubat keesokannya sudah lupa dan kembali berperilaku dosa. Itulah manfaat sekiranya kita mengamalkan rukun iman.

referensi:
http://www.hikmahkebersamaan.com/2014/07/rukun-islam-dan-rukun-iman-serta.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar