Rabu, 18 April 2018

Kegunaan Mengucap Sholawat Terhadap Nabi

Agama Islam memberi banyak kesempatan ibadah pada hal yang dikerjakan umatnya, salah satunya yakni melantunkan bacaan sholawat nabi untuk Rasulullah SAW. Lantunan shalawat terhadap Rasulullah SAW ini ialah ibadah agung, kalau kita mempersembahkan ucapan terima kasih ke Nabi dengan bershalawat, jutaan malaikat akan mendoakan kita. Berdasar terhadap hadits, shalawat terhadap Nabi memiliki sebagian manfaat.

Bagi yang membaca shalawat Nabi, akan mendapat limpahan kebaikan dan rahmat Allah SWT. Kemudian juga barang siapa yang membaca shalawat Nabi, akan ditinggikan / diangkat derajatnya juga dihapus dosa kekeliruan dan kejahatannya. Manfaat lainnya adalah barang siapa yang membaca shalawat Nabi, akan menerima pengakuan atas kesempurnaan iman, ketika kita membaca sebanyak seratus (100) kali. 

Beberapa manfaat lainnya bagi yang membaca bacaan sholawat nabi yakni akan dijauhkan dari penyesalan, kerugian juga dimasukkan ke golongan orang shaleh. Kemudian mereka yang membacanya akan lebih didekatkan dirinya nama malaikat pada Allah SWT. Ada lagi, adalah bagi yang membacanya, Dia akan mendapatkan pahala yang setara dengan pahala dikala memerdekakan hamba sahaya (budak).

Masih banyak lagi manfaat membaca shalawat nabi, merupakan antara lain :

1. Bagi yang membaca banyak shalawat Nabi, akan memperoleh Syafa’at pada hari kiamat

2. Bagi yang membaca banyak shalawat Nabi, bisa memperoleh penyertaan Malaikat Rahman

6545327896222867608.jpg

3. Bagi yang membaca banyak shalawat Nabi, mereka berarti menjalin suatu komunikasi akrab terhadap Nabi, disebabkan sekiranya terdapat seseorang yang bershalawat juga menyuarakan salam ke Nabi, maka salam dan shalawatnya akan disalurkan atau dikenalkan Malaikat ke Nabi.

4. Bagi yang membaca banyak shalawat Nabi, akan membuka kesempatan pertemuan dengan Nabi, menurut dari keterangan ulama

5. Bagi yang membaca shalawat Nabi, mereka dapat menghilangkan kegundahan, bingung, dan kesusahan, juga dapat melapangkan rezeki.

6545327901557014460.png

6. Bagi yang membaca shalawat Nabi, mereka akan dilapangkan dadanya ketika berhadapan dengan beraneka situasi sulit. Hal seperti ini apabila mereka membaca 100 kali shalawat, secara mudawamah ( yaitu membaca shalawat terus menerus pada setiap harinya ).

7. Bagi yang membaca bacaan sholawat nabi, dapat menghapus dosa. Manfaat ini apabila seseorang membiasakan tiga kali shalawat pada setiap harinya tiap-tiap selesai / ba’da shalat lima waktu.

referensi:
http://cintasunnahku.blogspot.com

https://id.wikipedia.org/wiki/Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar