Kamis, 15 Februari 2018

Membuat Slide Presentasi yang Memukau Perhatian

Bagi Anda yang berprofesi dengan mengandalkan slide dan bermacam template presentasi, tentu Anda sudah amat akrab dengan peraturan tak tertulis mengenai sistem menerapkan presentasi yang baik. Presentasi yang baik akan senantiasa menarik perhatian dari audiens. Selain itu, tentunya akan menghemat banyak waktu dan lebih efisien. Seketika, apa yang sebaiknya Anda lakukan sebelum mempersiapkan presentasi yang menarik? Berikut ulasannya.

6522326098155217304.jpg

Slide presentasi yang menarik bukanlah slide yang penuh dengan kata-kata alias hanya copy paste dari Word saja. Jangan sampai Anda melaksanakan hal tersebut karena itu terang-terang akan membuat audiens Anda merasa bosan. Ada baiknya Anda membuat presentasi lebih ringkas, semisal membuat sebagian pernyataan dengan bulleting atau nomor. Anda juga dapat meletakkan tiap-tiap pertanyaan dalam sebuah text box atau dengan menu shapes lainnya. Seandainya kemudian Anda mengalami kesusahan, Anda juga bisa menerapkan SmartArt yang mempermudah Anda dalam meletakkan pernyataan yang Anda berikan. Dengan sistem ini, presentasi akan jauh lebih menarik. Berikutnya, Anda bisa menggunakan template presentasi yang menarik, seumpama dengan ditambah animasi. Perlu diamati apabila animasi yang digunakan tidak terlalu banyak. Kecuali dapat mengganggu fokus presentasi, terlalu banyak pengaplikasian kartun justru akan membuat slide presentasi tidak beraturan. Seandainya Anda mau mengaplikasikan animasi dalam presentasi, pilihlah animasi yang sederhana tapi menarik. Jangan hingga audiens Anda dijadikan pusing dengan banyaknya kartun yang Anda pakai.

6522325269206122856.jpg

Pertimbangkan juga pemilihan font, font size, hingga font colour. Terlalu banyak pemilihan variasi dan ukuran font sampai penerapan warna font yang berlebihan justru akan sungguh-sungguh mengganggu pandangan audiens. Pertimbangkan juga pemilihan warna-warna https://www.rimma.co/39418/inspiration/tips/presentasi-sukses-dengan-template-powerpoint-gratis-dari-8-website-keren-ini/ pada slide sehingga nampak lebih nyaman. Jangan hingga warna yang Anda gunakan ‘bertabrakan’ alias tidak proporsional. Anda juga dapat memakai ragam isi materi presentasi, misalnya dengan menambahkan template presentasi seperti foto, video, grafik. Dengan menambahkan satu foto, Anda dapat menjelaskannya menerapkan kata-kata Anda sendiri. Penerapan sistem ini akan membuat audiens lebih fokus pada penjelasan Anda sehingga presentasi dapat dikatakan berhasil.


referensi:
https://www.rimma.co/39418/inspiration/tips/presentasi-sukses-dengan-template-powerpoint-gratis-dari-8-website-keren-ini/
https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Templat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar