Jumat, 22 Desember 2017

Kenali Kira-kira Versi Kertas Serta Fungsinya

Semua media cetak itu pasti akan memakai benda yang bernama kertas. Pasalnya kertas digunakan sebagai output. Jika di sini ada yang berminat untuk membuka sebuah percetakan, tentu semestinya mengetahui dengan jelas perihal sebagian tipe jenis kertas disertai dengan fungsinya. Untuk ragam yang pertama ada kertas kalkir. Ini ialah sebuah kertas yang sama dengan HVS. Lazimnya kertas ini akan diaplikasikan sebagai media sablon. Akan melainkan warna kertasnya tak terlalu putih dan akan tampak transparan juga seperti keras yang habis terkena tumpahan minyak. Variasi kertas yang kedua merupakan duplex. Ini adalah kertas yang setiap sisinya berbeda warna. Sisi pertama berwarna putih dan sisi keduanya berwarna abu-abu.



Ini ialah tipe kertas yang sering sekali diterapkan dalam pembuatan box. Pasalnya dari segi harga memang lebih murah bila diperbandingkan kertas tipe lainnya. Kemudian ketebalannya pun ada sebagian ragam pilihan, mulai dari 250 gram sampai dengan 400 gram. Ragam kertas yang ketiga adalah matt paper. Ini adalah kertas yang permukaannya licin atau doff. Kecuali itu kertas ragam matt bahkan memiliki kwalitas yang terbilang bagus karena halus. Ada sebagian opsi ketebalan bagi yang berharap membeli, mulai dari 100 gram hingga dengan https://solusiprinting.com/10-jenis-kertas-yang-sering-digunakan-pada-percetakan/ 150 gram. Variasi kertas yang keempat adalah ivory. Ini ialah kertas yang sekiranya diperhatikan sekilas sama dengan karton. Melainkan perbedaannya cuma terdapat pada warna, ragam kertas ini tak seputih karton.



Sama seperti ragam kertas lain, ivory bahkan mempunyai ketebalan yang pelbagai-macam. Sehingga para penggunanya bisa memilih salah satu ketebalan yang sesuai keperluan. Macam kertas yang berikutnya ialah HVS. Kertas HVS ini cukup kasar, akan melainkan kerap kali sekali digunakan oleh fotocopy-an. Bahkan kertas variasi ini juga dapat Anda peroleh dengan mudah. Hampir di seluruh kios buku akan menyediakan kertas HVS dengan berjenis-jenis ragam ketebalan. Jenis kertas yang lainnya lagi ialah karton. Ini yaitu kertas yang hampir mirip dengan art paper. Kertas ini sering sekali diaplikasikan sebagai bahan membikin kartu nama, produk cetak dan sebagainya. Itulah sebagian macam kertas yang paling banyak dicari dan dipakai oleh masyarakat.

referensi:
https://solusiprinting.com/10-jenis-kertas-yang-sering-digunakan-pada-percetakan/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kertas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar