Kamis, 21 Mei 2020

Keutamaan Dan Kemuliaan Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan Hijriyah yang sangat dimuliakan dan ditunggu-tunggu oleh seluruh ummat muslim di dunia. Ketika bulan Ramadhon datang, maka tiap-tiap orang akan mempersiapkannya dengan baik, apalagi ada banyak sekali keutamaan yang terdapat di dalamnya. Oleh maka, portal Islam kali ini akan membahas hal-hal berkaitan keutamaan dari bulan Ramadhon. Dikala Ramadhan tiba, tiap ummat muslim akan berusaha meningkatkan kekhusyu’an beribadah, dan terus mendekatkan diri ke Yang Maha Kuasa. Berikut ini merupakan beberapa keutamaan bulan Ramadhon.

Bulan Ramadhon disebut dengan bulan yang penuh dengan kebarokahan di mana tiap-tiap ummat muslim diwajibkan untuk berpuasa. https://dunia-muslim.id/ siapa yang menjalankan kebaikan atau ibadah di bulan suci ini, maka Allah akan melipatgandakan pahalanya. Kecuali itu, bulan Ramadhon yaitu bulan yang penuh kemuliaan, ditinjau dari beraneka aspek, seperti halnya aspek ekonomi. Ketika bulan Ramadhon tiba, maka para pedagang akan mendapatkan kebarokahan yang melimpah. Seperti pula bagi fakir miskin, Ramadhan akan membawa keberkahan tersendiri. Ummat muslim disunahkan untuk berinfaq dan bersedekah terhadap yang memerlukan.

Kecuali itu, bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan ampunan. Allah SWT akan membuka pintu ampunan dan menghapus dosa-dosa ummat muslim yang memohon ampunan dan bertaubat. Oleh karenanya, Ramadhan adalah waktu yang amat ideal untuk bertaubat, sehingga saat Ramadhon ini berakhir, maka ummat Islam akan kembali terlahir suci, sebab Allah telah mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dalam portal Islam ini juga menjelaskan bahwa melewati berpuasa di bulan Ramadhan, Allah akan memberi ampunan dengan amat lapang.

Keutamaan lainnya dari datangnya bulan Ramadhon yaitu dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. Itulah mengapa Allah memerintahkan kepada kita segala untuk terus beribadah kepada Allah di bulan suci. Dikala Ramadhon, setan-setan akan diikat, sehingga yang cuma perlu dilaksanakan ialah menahan hawa nafsu. Ini ialah kesempatan yang benar-benar bagus untuk senantiasa menghambakan diri kepada Sang Pencipta. Namun, di bulan lain selain bulan Ramadhon juga mesti konsisten mempertahankan keistiqomahan dalam beribadah.

Dalam bulan Ramadhon, terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari pada seribu bulan, merupakan malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar ini jatuh pada sepuluh hari terakhir dan ganjil di bulan Ramadhan. Meski tidak ada seorang malahan yang mengenal kapan lailatul qadar itu datang, tapi barang siapa yang menghidupkan malam lailatul qadar, maka dia akan mendapatkan kemuliaan yang lebih baik dari pada seribu bulan.


Dikala berdoa di bulan Ramadhon, Allah akan lebih gampang untuk mengabulkannya. Sebab bulan Ramadhan adalah salah satu moment mustajabnya doa yang dilangitkan. Kecuali itu, ketika bulan Ramadhan tiba, maka hal tersebut menjadi saat yang ideal untuk beribadah bersama keluarga tercinta. Itulah keutamaan bulan Ramadhon dari Portal Islam yang perlu dikenal.

Sumber :
https://dunia-muslim.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar