Sabtu, 09 Februari 2019

Berapa Kadar Kolesterol Normal dalam Tubuh?

Kolesterol merupakan lilin yang seperti lemak dan lazimnya ditemukan di tiap sel pada tubuh. Selama ini kolesterol dipandang sebagai zat yang negatif dan banyak orang yang beranggapan bahwa makanan yang mempunyai kolesterol tinggi perlu untuk dihindari. Tetapi hakekatnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk pembuatan hormon, vitamin D, serta asam empedu sehingga sanggup untuk mencerna lemak. Sebagian besar kolesterol pada tubuh diperoleh dari asupan makanan. Melainkan ada banyak orang yang tak mempunyai kolesterol normal karena apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan lemak jenuh karenanya menyebabkan kolesterol jahat dalam tubuh menjadi tinggi.

Perlu dikenal bahwa ada dua macam kolesterol adalah LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol bagus). Adanya penumpukan HDL yang terlampau tinggi pada tubuh bisa membuat pembuluh arteri tersumbat dan menyebabkan terjadinya penyakit stroke atau jantung. Perlu diketahui bahwa dikala jumlah HDL lebih tinggi diperbandingkan LDL karenanya hal inilah yang amat baik untuk kesehatan sebab mampu mencegah penyakit kronis.
image

Tiap-tiap orang disarankan untuk mengerjakan pemeriksaan kadar HDL dan LDL dalam tubuh karena sebagai upaya pencegahan terhadap berbagai penyakit kronis. Pengecekan lazimnya dijalankan lima tahun sekali Bagi orang-orang yang usianya lebih dari 20 tahun. Perlu diketahui bahwa untuk kadar kolesterol sempurna normal pada darah yaitu tak lebih dari 200 mg/dl. Dikatakan memiliki kolesterol tinggi saat kadarnya dapat mencapai angka 240 mg/dl ataupun lebih. Sementara untuk kadar trigliserida yang normal dalam darah yaitu tidak lebih dari 150 mg/dl. Dan dikatakan tinggi bila kadarnya sampai 200 mg/dl ataupun lebih.

Sementara untuk kolesterol normal LDL dalam darah yakni kurang dari 100mg/dl.https://alosehat.com/kolesterol-normal masuk dalam klasifikasi tinggi dan berbahaya bagi kesehatan seandainya kadar LDL meraba angka 160 mg/dl maupun lebih. Untuk kadar HDL yang normal bagi tubuh ialah 40 mg/dl maupun lebih, dan dapat digolongankan rendah jikalau kadar HDL kurang dari 40 mg/dl.

Demikianlah penjelasan terkait kolesterol normal dalam tubuh yang patut dijaga. Untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh maka usahakan untuk melakukan pola hidup yang baik termasuk dengan menjaga pola makan. Dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan kadar kolesterol cocok dengan yang direkomendasikan.

referensi:
https://alosehat.com/kolesterol-normal

https://id.wikipedia.org/wiki/Kolesterol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar